Beberapa Teknologi Ini Dapat Mengancam Keselamatan Manusia

Teknologi telah digunakan hampir di setiap aspek kehidupan manusia. Seperti memudahkan pekerjaan, berkomunikasi, bermain game, dan masih banyak lagi.

Selain bermanfaat, teknologi yang diciptakan manusia ini juga tentunya memiliki bahaya tersendiri jika disalahgunakan.

Berkaitan dengan hal tersebut, beberapa teknologi ini bisa menjadi potensi terbesar dalam mengancam keselamatan manusia.

1. Drone

Teknologi Drone atau yang sering disebut pesawat tanpa awak awalnya diciptakan untuk melakukan pemotretan atau perekaman objek yang tidak bisa dijangkau oleh manusia.

Bahkan teknologi ini dikembangkan untuk melakukan pengintaian dan bahkan digunakan pada sejumlah peperangan. Jadi dipastikan akan sangat banyak korban yang berjatuhan karena jangkauan drone ini sangat luas.

2. Laser

Laser merupakan teknologi yang diciptakan untuk melakukan banyak hal seperti mengobati penyakit, alat pemotong, membuat hologram, dan masih banyak lagi.

Namun, negara-negara modern saat ini mulai mengembangkan teknologi laser sebagai senjata pertahanan yang tentunya suatu saat akan dilibatkan dalam perang.

3. Nuklir

Sejak penemuannya di era Perang Dunia II, Nuklir merupakan teknologi yang penuh kontroversi. Teknologi ini memang telah banyak membantu umat manusia, khususnya dalam pemanfaatannya sebagai sumber energi berskala besar.

Namun, di sisi lain nuklir juga merupakan salah satu teknologi yang paling banyak memakan korban jiwa berkaitan dengan daya ledaknya jika digunakan sebagai senjata.

Bukan perang nuklir mungkin akan terjadi karena persaingan antar negara-negara maju yang saling mengancam dengan teknologi nuklir mereka.

4. Internet

Internet memang merupakan teknologi yang menghadirkan sejuta manfaat pada kehidupan manusia.

Namun, internet juga bisa mendatangkan bahaya bahkan lebih parah dari teknologi lainnya. Internet bisa digunakan untuk melakukan manipulasi data dan informasi, pembunuhan, penipuan, perpecahan, dan bahkan peperangan.

5. Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Teknologi yang baru ditemukan beberapa tahun lalu ini membuat mesin-mesin yang diciptakan manusia dapat melakukan sesuatu dengan otomatis tanpa memerlukan kehadiran manusia.

Di sisi lain, kecerdasan buatan ini bisa membahayakan manusia. Misalnya saja jika kecerdasan buatan itu sendiri telah melampaui kemampuan manusia, sementara kemampuan manusia terbatas tentunya hal tersebut akan membuat manusia tidak diperlukan lagi karena sudah tergantikan oleh kecerdasan buatan.

Penulis : Nisa