Bijak Menggunakan Internet Sebagai Sumber Ilmu

Cirebon Media – Kehadiran internet sebagai bukti dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah bukan perkara asing lagi bagi masyarakat indonesia. Mulai dari area perkotaan hingga ke pelosok kampung sudah tidak asing lagi oleh canggihnya teknologi informasi. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sudah banyak menggunakan fasilitas yang bisa menggunakan internet, baik untuk mengirim surat elektronik, membaca berita, mengirim tugas kepada guru, live streaming, mengerjakan tugas atau ada juga yang menggunakan internet hanya sekedar main-main saja dengan jejaring sosial dan game online.

Bayangkan hampir semua aktifitas manusia tidak lepas dari yang namanya internet. Baik disengaja maupun tidak, beragam informasi yang diterima oleh masyarakat hanya dalam sekejap mata atau dalam waktu kurang dari satu detik berkat bantuan dari teknologi yang semakin canggih.

Coba tengok saudara kita diberbagai pelosok daerah sana, mulai dari gaya rambut, berpakaian, cara bicara, dan semua kebiasaan mereka sudah mengikuti trend masa kini. Internet tidak hanya menghadirkan berbagai manfaat bagi masyarakat, tapi terdapat pula sisi negatif dan konsekuensinya yang tak kalah penting untuk kita perhatikan. Sehingga diperlukan cara berpikir dan sikap yang bijak dalam mengelola dan menggunakan internet. Apalagi dapat dikatakan bahwa semua aktifitas masyarakat selalu berkaitan dengan internet.

Bersikap bijak dalam menggunakan internet akan lebih banyak memberikan manfaat bagi setiap penggunanya. Seperti memperluas pengetahuan, memberikan banyak berita dan informasi yang bermanfaat untuk penggunanya.

Internet membuka wawasan seluas-luasnya bagi masyarakat, terutama para pelajar dan mahasiswa yang akan mencari informasi seputar pelajaran di sekolah dan info-info penting lainnnya yang berkaitan dengan Pendidikan. Tidak hanya untuk kalangan pelajar, masyarakat pun bisa menggunakan internet untuk hal-hal yang bermanfaat. Seperti membuka lapangan pekerjaan atau situs jual beli online yang akan membantu masalah perekonomian masyarakat.

Pada dasarnya baik atau buruknya internet tergantung bagaimana si pengguna memanfaatkannya. Jika langsung disimpulkan bahwa internet banyak mempunyai unsur negatifnya dibanding dengan positifnya itu rasanya tidak adil. Karena jika si pengguna bisa memanfaatkan internet dengan baik, maka hasil yang didapatkan pun pasti akan baik pula. Seperti kita harus membiasakan diri bersikap bijak dalam memilih dan kritis dalam menerima informasi.

Jadi dari sekarang mulailah pintar memilih dan bijak menggunakan internet dan teknologi informasi lainnya.

 

Shares
Share This