4 Aktivitas Penyebab Boros Kuota Internet

Dalam sebulan berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk keperluan berlangganan paket data internet? Tentunya beragam pasti. Namun, tak sedikit dari kita yang akan ‘mati-matian’ menghabiskan banyak uang untuk berlangganan data internet. Sebab di era internet seperti sekarang ini, apalah artinya smartphone tanpa kuota internet.

Yang menjadi masalah adalah terkadang kita tak sadar ketika kuota internet terhisap habis lantaran beberapa aktivitas yang dilakukan. Apa sajakah aktivitas di perangkat mobile yang paling ‘haus’ kuota internet? Berikut ini diantaranya.

Musik dan Video Streaming

Dua layanan multimedia ini juga merupakan ‘drakula’ penghisap kuota layanan data bagi pengguna perangkat mobile. Memang sih menggunakan streaming dapat membuat ruang penyimpanan lebih luas karena tak perlu menyimpan lagu dan video di dalamnya.

Akan tetapi, kontrol batas penggunaan internet kamu untuk menonton atau mendengarkan lagu secara online. Jangan sampai bergiga-giga kuota layanan kamu habis karena terlalu asyik menonton video streaming kualitas HD.

Upload Video

Fitur kamera yang ada di perangkat mobile kini sudah semakin canggih dan memungkinkan penggunanya untuk membuat video dengan kualitas yang terbilang bagus. Namun sebagian orang seringkali meng-upload video rekamannya ke YouTube atau layanan berbagi video lainnya yang menggunakan jaringan seluler.

Aktivitas ini merupakan kebiasaan yang sebaiknya dihindari, sebab upload video ke internet akan menyedot kuota data dalam jumlah besar. Semisal, sebuah video berkualitas HD berkapasitas 200 MB, maka tak perlu upload banyak video untuk menghabiskan kuota data bulanan kamu. Dan kalaupun memang harus upload, sebaiknya memakai koneksi WiFi saja.

Video Chat

Berkomunikasi dengan video chat sepertinya lebih menarik daripada chatting via teks. Namun, aktivitas komunikasi menggunakan fitur video call juga menjadi salah satu penyebab kuota habis dalam waktu yang lebih singkat.

Gunakan komunikasi video call dalam kondisi tertentu, misalnya sudah lama tidak bertemu pasangan atau keluarga. Tapi jika berkomunikasi untuk hal-hal yang tidak terlalu penting sebaiknya menggunakan teks saja.

Game Online

Layanan game online cukup jadi hiburan bagi sebagian orang untuk membunuh waktu menjenuhkan sehari-hari. Sayangnya, aplikasi game online cukup kejam dalam menghisap kuota layanan data jika dipakai tanpa kontrol.

Supaya game online tetap bisa digunakan tanpa boros akses layanan data, sebaiknya atur batas maksimal penggunaan layanan data dengan mengelompokkannya dan berikan kuota 1 sampai 10 MB ketika bermain agar kamu tidak lupa waktu yang mengakibatkan kebobolan kuota.

Penulis : Afip Maulana
Sumber : www.liputan6.com

Shares
Share This