Cirebonmedia- Kini, saat Cirebon tengah berevolusi hebat, masyarakat Cirebon tertuntut untuk lebih cakap dalam mengambil bagian dalam pembangunan itu. Kita tak akan menjadi tamu di rumah sendiri, maka kita harus menciptakan sesuatu yang akan menegaskan eksistensi putra daerah sebagai pilar penting pembangunan yang positif.

Cirebon tak hanya dikenal memiliki letak yang strategis, melainkan juga masih memiliki  3 Keraton yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi dan merupakan sebuah keunikan tersendiri. Selain itu, Cirebon juga merupakan salah satu dari sedikit daerah di nusantara ini yang bermasyarakat multi-etnik. Walaupun menyandang predikat Islami, justru di kota yang terletak antara perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah inilah beragam orang dengan bermacam macam suku, kepercayaan dan budaya dapat hidup bersama secara harmonis.

Hal tersebutlah yang kemudian membuat Cirebon dinilai sangat baik sebagai tujuan singgah maupun berinvestasi. Berkembangnya kota Cirebon dapat dilihat dari pembangunan Hotel dan Mall baru yang berdiri kokoh dipusat kota. Untuk hotel sendiri, ada sekitar 30 hotel besar di Cirebon, mulai dari bintang tiga sampai bintang lima.

Baru-baru ini dengan diresmikannya jalan tol cipali semakin memudahkan akses jalan menuju Cirebon, ini merupakan satu kesempatan besar jika ingin Cirebon menjadi sebuah kota tujuan pariwisata bukan hanya tempat untuk singgah saja. Potensi pariwisata, perdagangan, dan jasa harus dimunculkan. Jika tidak, Cirebon akan sekadar jadi kota pelintasan yang tidak disinggahi wisatawan atau pun pebisnis.

Memang merubah suatu kota bukanlah pekerjaan yang mudah, namun dengan keunikan yang dimiliki kota yang akrab dengan sebutan “Kota Udang” seperti 3 Keraton yang masih terjaga, Makam Sunan yang tersohor yaitu Sunan Gunung Jati dan seni kebudayaan membuat Cirebon akan sangat mungkin berubah sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Kesenian dan budaya dapat dikemas sedemiakian rupa agar dapat menarik wisatawan untuk lebih lama tinggal di Cirebon dan bukan hanya lewat saja.

Infrastruktur harus lebih ditingkatkan, pengelolaan aset peninggalan sejarah yang berpotensi sebagai tujuan wisata   perlu lebih diperhatikan, serta masyarakat harus menyadari bahwa kota tercintanya akan berubah dan berkembang sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di nusantara jika perbaikan dan pengelolaan ditingkatkan berjalan dengan lancar. Selamat datang di era baru, Cirebon!.

 

 

Image By: Google.com