Cirebonmedia.com- Pekerjaan adalah suatu kebutuhan yang sangat mendalam yang dihadapi bangsa ini , semua manusia membutuhkan pekerjaan namun saat ini terdapat masalah yang sangat berat , tiap tahunnya  jumlah pengangguran di Indonesia semakin meningkat,  dibarengi dengan daya serap yang terbatas.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 7 juta Orang menganggur di tahun 2016 ini, Dengan jumlah total penduduk sekitar 250 juta jiwa,Indonesia merupakan  negara berpenduduk terpadat keempat di dunia (setelah Cina, India dan Amerika Serikat). Selanjutnya, negara ini juga memiliki populasi penduduk yang muda karena sekitar setengah dari total penduduk Indonesia berumur di bawah 30 tahun.

Pemerintah berupaya melakukan Penanggulangan dengan melakukan beberapa terobosan salah satunya dengan melakukan Bursa kerja atau yang sering disebut job fair yang saat ini sering terlihat diberbagai kota di indonesia,  khususnya kota Cirebon sendiri  setiap bulan secara rutin melakukan acara bursa kerja baik yang dilakukan pemerintah ketenaga kerjaan maupun, instansi yang mengkomersilkan acara job fair tersebut,.

Kegiatan Job fair diikuti masyarakat Kota Cirebon
Kegiatan Job fair diikuti masyarakat Kota Cirebon

Di Indonesia sendiri  sebenarnya penyelenggaraan bursa tenaga kerja ditangani oleh Departemen Tenaga Kerja (Depnaker). Orang-orang atau lembaga-lemaga  yang membutuhkan tenaga kerja dapat melapor ke Depnaker dengan menyampaikan jumlah dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan beserta persyaratannya. Kemudian Depnaker akan mengumumkan kepada masyarakat umumnya tentang adanya permintaan tenaga kerja tersebut.

Sementara itu, para pencari kerja (Pemilik Tenaga Kerja) dapat mendaftarkan dirinya kepada Depnaker dengan menyampaikan keterangan-keterangan tentang dirinya. Keterangan tentang diri pribadi si pencari kerja ini sangat penting untuk dasar penyesuaian dengan kebutuhan tenaga kerja dari orang-orang atau lembaga-lembaga yang bersangkutan. Apabila ada kesesuaian, Depnaker akan mempertemukan si pencari kerja dengan orang atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja tersebut untuk transaksi lebih lanjut.

Namun sistem ini masih jarang dimanfaatkan baik oleh para pencari kerja maupun para pencari tenaga kerja, para pencari kerja masih kebingungan dengan  informasi-informasi yang mereka butuhkan, masih banyak para pencari kerja yang terjebak akan acara bursa pencari kerja yang mengkomersilkan.

86 Total Views 1 Views Today