Cirebonmedia.com – Kereta Api (KA) Ranggajati Cirebon – Jember PP yang merupakan trayek baru PT Kereta Api Daerah Operasi 3 Cirebon secara resmi dilaunching pagi tadi (1/11). Acara peresmian KA Ranggajati yang dilakukan di Stasiun Kejaksaan Cirebon turut pula dihadiri oleh Bupati Kabupaten Cirebon Sunjaya Purwadisastra, Sekrertasi Daerah Asep Dedi serta jajaran direksi PT KAI DAOP 3 Cirebon. Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Cirebon Sunjaya Purwadisastra mengatakan dengan dibukanya jalur kereta api Cirebon – Jember akan memudahkan masyarakat Cirebon yang ingin pergi ke wilayah timur pulau Jawa. “Saat ini masyarakat tidak perlu repot lagi jika ingin bepergian ke timur pulau Jawa dengan waktu tempuh kurang lebih 16 jam” ujar Bupati Sunjaya.

Selain itu keberadaan KA Ranggajati sangat bermanfaat bagi para wisatawan dari wilayah timur Jawa yang ingin berwisata ke Cirebon mengingat saat ini Cirebon menjadi salah satu primadona destinasi pariwisata. Sementara itu Vice President PT KAI Daerah Operasi III Cirebon Mohammad Elly mengatakan KA Ranggajati ini adalah untuk memuhi kebutuhan masyarakat yang selama ini ada yang tidak mendapat kursi saat bepergian ke Jawa Timus melalui jalur selatan karena semua kereta berasal dari Jakarta. “Kami ingin melayani masyarakat Cirebon dan sekitarnya yang ingin bepergian ke Jawa bagian timur melalui jalur selatan dan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat” ujar Mohammad Elly. KA Ranggajati memiliki 8 rangkaian kereta dengan 4 rangkaian eksekutif dan 4 rangkaian bisnis. “Diharapkan KA Ranggajati ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Cirebon” imbuh Mohammad Elly.

IMG_3248 KA Ranggajati sendiri akan menempuh waktu kurang lebih 16 jam dan akan melalui kota – kota seperti Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Probolinggo. Untuk mengawali kiprahnya di dunia perkeretaapian, PT KAI DAOP 3 Cirebon memberlakukan tarif promo. “Kami memberlakukan tarif promo mulai 1 November hingga 30 November 2016 untuk menarik minat calon penumpang” kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro. Selama promo, tarif KA Ranggajati untuk jarak 310 kilometer adalah sebesar 210 ribu untuk kelas eksekuif dan 140 ribu untuk kelas bisnis. Sementara untuk jarak tempuh 311 – 625 kilometer, harga tiket kereta eksekutif 240 ribu dan bisnis 160 ribu dan untuk perjalanan dengan jarak 625 kilometer, harga tiket kereta eksekutif 300 ribu dan bisnis 200 ribu.

506 Total Views 1 Views Today