Cirebonmedia.com- Bisnis, mendengar kata tersebut pikiran seseorang pasti tertuju pada suatu usaha yang dijalankan untuk meraup keuntungan. Akan tetapi, sebelum terjun dalam dunia bisnis kita dituntut untuk merancang bisnis terlebih dahulu, apabila persiapan suatu bisnis sudah matang, bisa dipastikan bisnis yang akan dijalankan akan menuai kesuksesan.

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Menurut salah satu ahli dalam bidang bisnis Urwick dan Hunt “Bisnis ialah setiap perusahan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar”.

Memulai bisnis memang sebuah hal yang sulit bagi seseorang yang baru memulainya. Halangan dan rintangan pasti datang  menghadang. Namun apa pun tantangannya, tergantung bagaimana kita menanggapinya untuk selalu bisa bertahan dan mengembangkan bisnis.Untuk itu merancang bisnis sebelum bisnis tersebut dijalankan sangatlah penting untuk mengantisipasi rintangan yang nantinya akan menghadang.

Untuk itu berikut adalah cara jitu merancang bisnis:

Mulai dari hal yang disukai

Jika sulit menentukan untuk memulai jenis usaha atau bisnis yang akan dijalani, maka cara termudah ialah berbisnis dengan sesuatu yang paling disukai. Mengapa demikian, karena sesuatu yang disukai membuat Anda bersemangat dalam menjalankannya. Di saat terjadi masalah pun Anda dapat mengatasinya dengan mudah. Barulah setelah usaha yang Anda sukai menuai kesuksesan, Anda dapat mendirikan usaha lainnya. Yang penting jangan terburu-buru.

Tetap fokus

Kesalahan yang paling banyak di lakukan oleh wirausaha pemula ialah tidak fokus, kebanyakan pemula mengambil semua peluang bisnis yang tersedia sehingga lupa bisnis intinya. Sebagai pemula alangkah baiknya jika kamu tetap fokus terhadap satu usaha terlebih dahulu.

Terus belajar

Sebagai seorang wirausaha pemula, belajar dan terus belajar merupakan hal yang wajib di lakukan. Bahkan pengusaha yang telah berpengalaman sekali pun, tetap harus selalu belajar dan menganalisa kekurangan dan kelebihan usaha yang sedang dijalani. Belajar dengan hal-hal baru mengenai suatu hal atau konsep bisnis merupakan ciri khas wirausaha sukses. Anda dapat belajar ilmu terbaru yang bersumber dari internet, teman bahkan Anda tak perlu malu belajar dengan wirausaha lain tentang hal baru meskipun wirausaha tersebut belum sepengalaman Anda.

Merancang bisnis
Merancang bisnis

Kuasai konsep bisnis Anda 100 persen

Menguasai konsep bisnis yang Anda jalankan wajib hukumnya. Selain itu Anda harus benar-benar memiliki wawasan luas pada bisnis yang Anda jalankan, terutama jika bisnis Anda membutuhkan investor atau kerja sama dengan pihak lain. Jika Anda menguasai 100 persen konsep bisnis, dan memberikan penjelasan yang cukup jelas maka perusahaan lain atau investor beminat bekerja sama dengan Anda.

Hemat

Pengeluaran sekecil mungkin, dan pemasukkan sebesar mungkin. Itulah konsep dasar dari seorang pembisnis. Anda harus benar-benar bisa mengoptimalkan antara pengeluaran dengan pemasukan. Namun, jika Anda menjalankan bisnis yang menghasilkan suatu produk, tetaplah menggunakan bahan baku yang berkualitas, jangan hanya melihat dari harga yang murah. Bahan baku yang baik itu yang murah, namun tidak mengorbankan kualitas.

Sumber: ayopreneur

35 Total Views 1 Views Today