Cirebonmedia.com- Seiring berjalannya waktu, tak terasa sebentar lagi kita akan meninggalkan Bulan Ramadhan yang penuh hikmah, dan siap menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Tradisi masyarakat di Indonesia untuk menyambut datangnya hari raya ialah menyiapkan menu kuliner khas yang hanya dijumpai saat lebaran tiba.

Selain memiliki tradisi mudik, Indonesia juga identik dengan aneka masakan khas untuk sajian seluruh keluarga besar saat datangnya hari raya lebaran. Momen tersebut merupakan momen yang pas untuk berkumpul dengan keluarga besar dan sangat cocok untuk menyajikan menu kuliner spesial untuk keluarga tercinta.

Membahas menu kuliner spesial untuk hari raya, rasanya kurang afdhol jika tak menyebutkan apa saja menu kuliner spesial yang sangat cocok disajikan saat lebaran. Yuk, kita lihat apa saja menu kuliner yang bisa menjadi rekomendasi Anda untuk hidangan lebaran nanti.

Opor Ayam

Hidangan yang satu ini memang sangat sering dijumpai saat hari raya Idul Fitri. Rasanya yang gurih dan dipadu oleh aneka rempah membuat kehadirannya selalu dirindukan tiap kali lebaran. Opor ayam termasuk menu yang flesksibel untuk disajikan kapanpun, tak terbatas sarapan, makan siang, atau makan malam.

Ketupat Lebaran

Ketupat adalah makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa (janur) berbentuk kantong kemudian ditanak dan dimakan sebagai pengganti nasi. Ketupat tidak lepas dari perayaan Idul Fitri. Dalam perayaan Idul Fitri, tentunya di situ ada satu hal yang tidak pernah pisah dari perayaan Ketupat Lebaran. Ketupat atau kupat sangatlah identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Buktinya saja di mana ada ucapan selamat Idul Fitri tertera gambar dua buah ketupat atau lebih.

menu kuliner spesial khas lebaran
menu kuliner spesial khas lebaran

Sambal goreng kentang ati ampela

Menu sambal goreng kentang ati ampela ini memang sangat cocok sekali untuk dihidangkan ketika hari lebaran. Dan akan lebih nikmat lagi jika Anda juga menyajikan opor ayam. Kedua menu makanan khas lebaran ini sepertinya sudah pas dan cocok untuk dihidangkan bersama keluarga. Perpaduan Antara gurihnya kentang, lembutnya ati dan pedas yang terasa dari bumbunya membuat kuliner yang satu ini wajib tersedia saat hari raya Idul Fitri tiba.

Rendang Daging Sapi

Selain ketupat, rendang daging sapi juga biasanya menjadi salah satu menu favorit yang wajib hadir saat Lebaran. Rasanya yang gurih akan membuatnya terasa lebih nikmat saat berpadu dengan ketupat.

418 Total Views 2 Views Today