Cirebonmedia.com- Tomat termasuk kedalam jenis buah-buahan, namun dalam penggunaanya buah ini sering kali dihidangkan dalam berbagai jamuan berbentuk sayur. Dengan rasanya yang agak keasaman seringkali digunakan karena dianggap dapat menambah kelezatan berbagai jenis masakan. Meski demikian Sebagai buah tomat ternyata juga lezat dikonsumsi secara langsung maupun dibuat olahan jus maupun manisan.

Dalam kehidupan sehari-hari Tomat merupakan salah satu buah yang identik dengan warnanya yang merah .dan Semua orang tentu sudah tidak asing dengan buah merah yang menggoda selera ini. Dibalik keindahan serta kenikmatanya ternyata buah tomat mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Salah satunya buah tomat dapat menajamkan Penglihatan. Karena Sumber vitamin A yang terdapat dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan daya lihat organ mata seseorang terhadap berbagai benda di sekitarnya.

Secara umum, vitamin A memang membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapisan paling luar retina, yang fungsinya untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat terkena xeroftalmia dimana bola mata menjadi kering, kornea mengeras dan pembengkakan kelopak. Apabila tidak diobati, xeroftalmia dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Image By: Google.com

Fungsi lain vitamin A adalah mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Ia juga bermanfaat sebagai pencegah katarak dan penyakit retina seperti degenerasi makula. Konsumsi vitamin A harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan yaitu 7500 mcg per hari (sesuai tingkat kebutuhan dan usia).

Dengan berbagai khasiat yang terkandung didalamnya ternyata Tomat merupakan salah satu buah yang relatif murah meriah dalam hal harganya dipasaran. Sehingga tak mengherankan, tomat selalu ada di dapur ataupun kulkas anda. Meskipun begitu, banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah merah menyala tersebut. Berdasarkan faktanya, buah ini merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Inilah yang menjadikan tomat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari.

39 Total Views 2 Views Today