Cirebonmedia.com- Di peradaban yang terjadi seperti saat ini,kebutuhan manusia semakin meningkat dengan berbagai macam kebutuhan yang semakin hari semakin tinggi tingkat kebutuhannya. Dari tingkat terendah yang berawal dari kebutuhan pribadi sampai tingkat paling tinggi yang notebane mencakup kebutuhan sosial.

 

Ada 3 macam kebutuhan manusia yang selama ini kita ketahui:

 

  • Kebutuhan Primer : Primer berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Kebutuhan primer ini disebut juga kebutuhan alamiah karena kebutuhan ini berkaitan erat dengan kodrat kita sebagai manusia. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok.Seandainya kebutuhan primer tidak dipenuhi, kelangsungan hidup manusia akan terganggu. Contoh kebutuhan primer, antara lain makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal.

 

  • Kebutuhan Sekunder : adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan atau pelengkap kebutuhan pokok. Kebutuhan sekunder setiap orang dapat berbeda-beda. Contoh kebutuhan sekunder, antara lain radio, perabot rumah tangga, pendidikan, tas, sepeda motor, meja, kursi, alat tulis,ponsel dan alat olah raga.

 

  • Kebutuhan Tersier : adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi dengan baik. Pada umumnya, pemenuhan kebutuhan tersier dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi dan biasanya digunakan untuk menunjukkan status sosial. Contoh kebutuhan tersier, antara lain kebutuhan rumah mewah, perhiasan.

 

Dari ke 3 kebutuhan tersebut di atas,kita bisa merasakan dan melihat sendiri bagaimana di zaman serba modern ini,kebutuhan yang awalnya hanya sebagai pelengkap kebutuhan sekarang berpindah arti menjadi kebutuhan yang wajib atau sering kita sebut sebagai kebutuhan Primer

 

ponsel 300x300 Kita ambil salah satu contoh ponsel,dahulu ponsel merupakan barang langka yang hanya dipergunakan oleh orang-orang tertentu untuk memenuhi dalam hal kebutuhan pekerjaan,tetapi sekarang,ponsel sudah bnyak di pakai hampir semua orang di dunia baik muda atau pun tua, pelaku usaha taupun ibu-ibu rumah tangga,yang keseluruhannya menjadikan ponsel sebagai alat yang berubah fungsi sebagai kebutuhan utama. Perkembangan telepon seluler sekarang ini juga menjadi menarik untuk disimak karena konvergensi teknologi yang sekarang terjadi mengisyaratkan kita bahwa kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini tidak memiliki batas sama sekali.

 

Di Indonesia sendiri pengguna ponsel hampir melebihi jumlah penduduknya,dan menjadi Negara peringkat pertama dalam jumlah pengguna ponsel di dunia.Sungguh suatu hal yang sangat luar biasa,suatu alat yang bisa mengubah kebiasan manusia dan mungkin juga bisa mengubah dunia menjadi sesuatu yang sangat luar biasa,hanya dari sebuah ponsel.

 

 

Oleh: Agus Chaerul Anwar

Image By: google.com