Cirebonmedia.com- Setiap manusia memiliki kebiasaan yang selalu dilakukannya, kebiasaannya pun bermacam-macam seperti sarapan, mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu hingga melakukan aktivitas yang dapat mengganggu kesehatan. Tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh manusia itu bisa berakibat fatal bagi organ tubuh yang memiliki peran vital yaitu otak. Otak adalah suatu organ terpenting pada tubuh manusia yang merupakan pusat dari system saraf. Volume otak berkisar 1.350 cc dan mempunyai 100 juta sel saraf atau neuron untuk menunjang fungsinya. Otak terletak di dalam kepala, dan mempunyai beberapa fungsi.

Jika kebiasaan yang anda lakukan terus-menerus tanpa informasi yang lengkap tentang apa akibat kebiasaan anda bagi otak anda, hal ini akan sangat berbahaya, otak sama seperti jantung, memiliki peran yang sangat vital bagi manusia, jika organ tubuh ini rusak kesadaran seseorang bisa terganggu bahkan hal yang lebih buruk bisa saja terjadi. Untuk itu mari kita ketahui kebiasaan apa saja yang berpotensi merusak otak:

Melewatkan sarapan

Orang yang cenderung melewatkan sarapan secara teratur berisiko 36 persen lebih tinggi menderita pendarahan otak. Fungsi otak dapat ditingkatkan secara signifikan, jika makanan yang tepat diberikan secara teratur dalam bentuk sarapan setiap pagi.

Telepon Seluler

Medan elektromagnetik bisa memancarkan radiasi yang diketahui sangat berbahaya bagi manusia. Radiasi dari telepon bisa menyebabkan kebingungan dan sakit kepala. Hal ini juga terkait dengan kanker, termasuk tumor otak. Hal ini juga ditegaskan dalam penelitian The Potential Impact Of Mobile Phone Use On Tren In Brain and CNS Tumors.

Kurang Tidur

Tidur teratur dan berkualitas penting untuk kesehatan otak. Saat tidur, otak melakukan dua fungsi penting seperti menyimpan kenangan dan menghilangkan racun. Oleh karena itu kurang tidur dapat menyebabkan akumulasi plak, perubahan ingatan serta peningkatan risiko penyakit neurodegeneratif.

Gula

Asupan gula tinggi dapat menyebabkan masalah tertentu pada setiap sel, jaringan dan organ dalam tubuh, serta sistem saraf pusat. Selanjutnya, penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara asupan gula berlebih dan penyakit Alzheimer.

Kebosanan

Kurangnya stimulasi intelektual dapat menyebabkan penurunan kapasitas intelektual otak. Neuroplastisitas adalah kemampuan otak untuk berpikir secara berbeda, membuat ingatan dan koneksi baru. Hal ini dapat terjadi karena kebosanan yang berkepanjangan. Inilah salah satu kebiasaan paling merusak otak yang perlu Anda hentikan.

Sikap diam

Kurangnya komunikasi lisan dan interaksi sosial bisa menimbulkan kecemasan dan depresi. Komunikasi oral sangat penting untuk berbagai bagian otak.

Terlalu banyak makan

Makanan berlebih yang kurang gizi dapat mengurangi kinerja otak. Hal ini juga dapat menyebabkan kondisi yang berhubungan dengan otak seperti demensia dan volume otak rendah.

Source: Liputan6

47 Total Views 1 Views Today