Cirebonmedia.com- Wanita terlahir dengan dibekali kecantikan sebagai salah satu kelebihan yang dapat berperan dalam kehidupan. Semua wanita di dunia sangat mendambakan kecantikan dari ujung rambut hingga ujung kakinya. Perawatan demi perawatan dengan biaya yang harus merogoh kocek dalam-dalam pun tak segan mereka lakukan demi untuk terlihat cantik.

Kaum hawa kerap sekali mengesampingkan fakta  bahwa buah dan sayuran memiliki manfaat yang sangat baik bagi kecantikan, dan mereka lebih memilih melakukan perawatan kecantikan ke salon dari pada memanfaatkan peran tumbuhan sebagai salah satu sumber vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Padahal, dengan memanfaatkan buah dan sayuran para wanita bisa lebih menghemat tabungan mereka untuk ke salon atau dokter khusus kecantikan.

Manfaat buah dan sayuran untuk kecantikan sudah diketahui sejak zaman dahulu. Sayangnya, kita sering lupa dan lebih memilih bahan kimia untuk merawat kecantikan wajah maupun tubuh. Manfaat yang kita peroleh jika rajin mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran akan terlihat lebih cantik secara alami.

Lalu apa saja kandungan dan manfaat buah dan sayuran bagi kecantikan? Beritkut adalah beberapa manfaat serta kandungan yang terdapat pada buah dan sayuran.

Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C, dengan demikian juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit. Hal ini akan menghapus noda dan memperlambat proses penuaan alami. Kulit jeruk kering, hancurkan untuk membentuk bubuk dan simpan dalam wadah kedap udara. Selanjutnya Anda bisa menggunakan ini sebagai scrub alami, sekali atau dua kali dalam seminggu untuk kulit yang bersih dan bercahaya.

Pisang

Pisang kaya vitamin A, Vitamin B dan Vitamin E, yang bertindak sebagai agen anti penuaan. Anda bisa menggunakan pisang segar yang dihaluskan dengan dicampur dengan madu untuk mendapatkan kulit bersinar. Buah kuning ini juga sumber yang kaya serat, mineral, magnesium dan kalium, yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi darah yang tepat dan membangun sistem kekebalan.

Lemon

Buah lemon tinggi akan Vitamin C dan memiliki sifat pemutih kulit alami, sehingga membuatnya menjadi pembersih yang baik yang dapat menyamarkan noda, bekas jerawat, bintik-bintik dan warna kulit. Mulailah hari Anda dengan minum 1 gelas air hangat yang dicampur dengan sedikit jus lemon dan 1 sendok teh madu saat perut kosong. Ini mampu membersihkan kulit dari dalam.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung serat dan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dan Serat berguna untuk merangsang pembentukan kolagen. Brokoli dipercaya sebagai sayuran yang mampu menghambat proses penuaan dini.

Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang kaya akan kandungan airnya. Air yang terkandung dalam mentimun berfungsi meningkatkan kadar kelembapan pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengkonsumsi mentimun dalam bentuk jus, salad, lalapan maupun makan langsung. Manfaat lain dari mentimun adalah kandungan asam malomatnya yang dapat mencegah gula darah menjadi lemak.

Mengonsumsi  dan memanfaatkan buah dan sayuran merupakan cara hidup sehat dengan cara hemat yang dapat dilakukan tanpa harus membuang-buang biaya. Untuk cantik dan sehat tidak harus mahal.

 

 

 

Image By: Google.com