Cirebonmedia.com- Seni merupakan suatu hal yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Seni juga memiliki banyak varian, dari seni rupa hingga seni musik. Seni menciptakan keseimbangan yang indah pada dunia, mungkin tanpa seni, dunia seperti terlihat hitam dan putih tak berwarna.

Di dunia ini ada salah satu seni yang bisa diibaratkan seperti dua sisi mata uang. Tato seperti dua sisi mata uang, istilah ini lahir setelah pandangan orang terhadap seni rajah tubuh ini berbeda-beda, ada yang berpandangan negatif namun banyak juga yang memandangnya positif.

Tato adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Tato termasuk bagian dari seni, karena tanda yang dimasukan ke dalam kulit berbentuk seperti lukisan-lukisan indah dan berpola menarik. Kata “tato” sendiri berasal dari bahasa Tahiti, yaitu “tatu” yang memiliki arti menandakan sesuatu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tato berarti gambar atau lukisan pada bagian tubuh.

Menurut catatan sejarah, seni rajah tubuh ini sudah dilakukan sejak 3000 tahun SM. Tato ditemukan untuk pertama kalinya pada sebuah mumi yang terdapat di Mesir. Dan konon hal itu dianggap yang menjadikan tato kemudian menyebar ke suku-suku di dunia, termasuk salah satunya suku Indian di Amerika Serikat dan Polinesia di Asia, lalu berkembang ke seluruh suku-suku dunia salah satunya suku Dayak di Kalimantan, Indonesia.

Dalam perkembangnya, seni yang satu ini mengalami pro dan kontra,orang zaman dulu menganggap tato merupakan sesuatu yang dekat dengan dunia premanisme walaupun sebenarnya ini merupakan bagian dari seni dan budaya kuno, mereka tetap menganggap ini bukan bagian dari seni atau budaya melainkan suatu lambang dari dunia anarki. Seiring berjalannya waktu sebagian orang sadar dan pandangannya mulai terbuka dengan mengakui tato adalah bagian dari seni atau pun budaya yang sudah lama hidup berdampingan dengan masyarakat.

Pengakuan ini terbukti dengan mulai banyaknya orang yang memiliki tato, Bahkan bagi banyak orang, Tato dianggap sebagai ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan dalam tubuh. Dan pada masa kini banyak sekali studi tato yang tersebar di kota-kota besar . Bahkan, para selebriti dunia pun dengan bangga kerap sekali memamerkan tato mereka yang tergambar indah pada lengan atau bagian tubuh lainnya.

Meski sudah banyak peminatnya, tato tetap saja menjadi dua sisi mata uang yang selalu menuai perdebatan diberbagai kalangan. Masalahnya kembali kedalam diri kita dan bagaimana cara kita memandang suatu karya seni.

 

 

Image By: Google.com