Cirebonmedia.com– Ketika setiap kali anda sedang berusaha memperbaiki atau mengembangkan bisnis anda, yang terlintas di pikiran adalah strategi mewah baru untuk mendorong pertumbuhan, merek perusahaan anda, atau menemukan kolaborasi strategi ataupun sistem. Tetapi tahukah anda bahwa ada satu praktek bisnis yang sangat sederhana yang telah membantu banyak orang mencapai goal yang melebihi semua hal tersebut diatas: “Keluar dari sana”.

1.Tuliskan Kisah Anda

Untuk dapat bersaing di pasar saat ini, memiliki produk barang atau jasa saja tidaklah cukup. Orang-orang ingin memahami cerita dibalik bisnis anda, cerita siapa anda dan mengapa anda memulai perusahaan anda. Semakin banyak yang tahu itu, ini menjadi kunci untuk membangun kesuksesan sebuah merek. Sadarkah anda bahwa banyak inspirasi datang dari kisah fenomenal orang-orang seperti: Bill Gates dengan Microsoft-nya, Steve Jobs dengan Apple-nya dan bahkan Mark Zuckerburg dengan Facebook-nya yang ceritanya begitu dicari.

Mereka semua membuat film tentang kisah mereka!

Anonimitas adalah sesuatu dari masa lalu. Di zaman seperti kita di mana segala sesuatu dan semua orang terhubung, konsumen memahami bahwa setiap uang yang mereka habiskan masuk ke kantong manusia yang sebenarnya makhluk dengan kepribadian, sejarah, dan cerita. Ceritakan kisah anda di luar sana dimana orang dapat melihat anda, berhubungan dengan anda, dan mempercayai anda. Dengan hanya bersosialisasi, membagi-bagikan sampel produk anda sendiri, atau berpartisipasi dalam forum-forum seperti seminar, forum diskusi, blog dan sebagainya, anda dan cerita anda dapat diketahui oleh banyak orang. Menceritakan kisah anda akan membangun hubungan yang jujur dengan konsumen anda, dan itu adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan basis pelanggan setia.
Daya tarik dari cerita anda akan membuat konsumen tertarik pada produk anda, dan keberlangsungan merek anda setiap hari akan menarik konsumen dan orang-orang yang berpotensi menjadi mitra untuk anda.

2.Mengembangkan Jaringan – Tidak hanya di Kantor

Bagi saya, strategi Public Relationship terbaik adalah keluar dari kantor. Duduk di belakang meja dan melakukan panggilan telepon saja tidak memiliki efek yang sama seperti anda keluar.Lebih baik keluar kantor dan melakukan interaksi langsung seperti: muncul di acara makan siang, Publik Speaking dan semua jenis konferensi maupun diskusi.

Lalu bagaimana strateginya saat kita berada pada situasi-situasi tersebut? Tetap mengalir. Tak perlu untuk secara taktis menyaring daftar peserta dan mencari tahu siapa yang harus kita ajak bicara atau kepada siapa kita harus memperkenalkan diri. Biarkan percakapan terjadi secara alami dan fahami kemana mereka mengarahkan kita. Benar-benar menakjubkan apa yang bisa berkembang dari obrolan spontan dengan siapa pun yang kebetulan duduk di sebelah anda.

Bersedialah untuk mencoba hal-hal baru dan melihat kearah mana interest banyak orang tertuju. Filosofi keterbukaan dan spontanitas cara berkomunikasi dalam mendekati jaringan akan membuka ruang dan keuntungan lebih bagi kita daripada mengirim satu juta email dari kantor.

3.Anda dan Bisnis Anda Menyatu – Bawa bisnis anda kemanapun anda pergi

Anda adalah wajah merek anda, sehingga kemanapun anda pergi, bawalah merek anda bersama diri anda. Jika itu pakaian, kenakanlah; andaikan itu sebuah platform teknologi, bawalah produk atau bawalah tas dengan logo anda; dan jika itu makanan, makanlah produk makanan itu. Peragakan produk anda dalam keseharian.

Berlibur adalah kesempatan besar lain untuk membagikan brand/produk anda. Pastikan bahwa produk/merek anda selalu melekat dan terbawa ketika anda melakukan perjalanan, dan pasti orang akan bertanya kepada anda tentang hal itu. Ini adalah cara sempurna untuk memulai percakapan, mendengar cerita orang lain, dan menciptakan hubungan. Dan siapa tahu, dari hal-hal yang tidak direncanakan itu mungkin akan berujung pada sebuah peluang yang tak pernah anda bayangkan sebelumnya.’

 

Image By: Google.com