Cirebonmedia.com–  Siapa yang bisa menyangkal jika tanggal gajian adalah salah satu tanggal paling menyenangkan di dunia, Setiap tanggal 1 atau tanggal 25 tiba rasanya segala penat dan kelelahan bekerja hilang seketika.  Masuknya gaji ke rekening menandai kebebasan untuk berbelanja barang-barang yang sudah diidamkan sekian lama. Tapi seperti siklus hidup lainnya, kebahagiaan karena gaji baru tiba bisa berubah seketika jika tidak berhati-hati dalam membelanjakannya.

Apakah anda salah satu korban yang sering kehabisan uang sebelum tanggal gajian tiba? Sering bingung uangmu habis ke mana saja? Jika kamu merasa masuk kategori ini, beberapa tips belanja hemat dan cerdas

Image By: Google.com

Image By: Google.com

Setiap tanggal gajian tiba, redam hasrat belanja dengan membuat list kebutuhan yang harus kamu bayar di muka. Kamu akan sadar: uang anda ternyata tak sebanyak yang dikira Salah satu penyebab kita sering kalap belanja adalah karena kita merasa memiliki banyak uang yang bisa digunakan di rekening. Efek psikologis pasca gajian membuat kita merasa jadi “orang kaya”  karena rekening terisi penuh setelah kosong sebelumnya. Dampak dari perasaan ini tidak main-main anda bisa impulsif memesan barang dari online shop, gesek sana-sini di mall “Semuanya akhirnya berujung pada tragedi kantung tipis sebelum waktunya.”

Agar hasrat belanja impulsif tidak lagi datang, biasakan untuk membayar segala tagihan di muka. Selepas gaji ditransfer ke rekeningmu, langsung pisahkan sejumlah uang untuk kebutuhan rutin. Bayar kost, uang makan sebulan, bayar cicilan motor atau mobil, sampai biaya beli pulsa  pisahkan sejumlah uang ini dari rekening yang ada.

Hitung semua pengeluaran dengan detil dan rinci, sehingga uang yang tersisa di rekening memang benar-benar bisa digunakan untuk memenuhi hasrat belanja. Mengaplikasikan cara ini akan membuatmu sadar bahwa uangmu ternyata tidak sebanyak yang dikira. Kalau uangnya sudah terbatas, pasti pikir dua kali dong untuk impulsive shopping.

Untuk kebutuhan rutin yang tidak bisa dihindari, coba cari cara pintar agar pengeluaranmu justru jadi bisa menguntungkan

Dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Belanja pulsa, belanja bahan makanan dan alat mandi, sampai membeli peralatan olahraga.

Untuk pengeluaran yang tidak bisa dihindari macam ini ada baiknya anda jeli memilih tempat belanja yang tidak hanya menawarkan harga termurah, tapi juga memberikan banyak keuntungan

Tetapkan tanggal keramat yang jadi hari belanja pribadi. Selain di tanggal itu, hanya uang untuk kebutuhan remeh yang boleh keluar dari dompet demikian beberapa tips yang bisa kami sampaikan terimakasih, salam hangat dari team Cirebon Media semoga uang yang anda dapatkan bermanfaat.

23 Total Views 1 Views Today