Cirebon – Walikota Cirebon bersama rombongan dari jajaran Dinas SKPD, DPRD, ORMAS, Instansi Vertikal, Kunci Bersama, Parpol, dan masyarakat sekitar melakukan kunjungan ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang berada di kawasan Keraton Kasepuhan untuk melakukan shalat Ashar berjamaah. Kegiatan yang dilakukan pada hari Jum’at(24/10) pukul 14:00 ini diselenggarakan oleh Humas Kota Cirebon sebagai salah satu rangkaian acara HUT Kota Cirebon yang ke 645 tahun.

Masjid Agung Cipta Rasa atau juga dikenal sebagai Masjid Agung Kasepuhan atau Masjid Agung Cirebon adalah sebuah masjid yang terletak di komplek keraton kasepuhan ini. Masjid ini menurut legenda adalah masjid tertua yang diperikarakan dibangun pada tahun 1480M atau semasa dengan Wali Songo meyebarluaskan agama islam di tanah jawa. Penamaan Masjid Agung Sang Cipta Rasa diambil dari kata “Sang” yang bermakna keagungan, kata “cipta” yang berarti dibangun dan kata “rasa” yang memiliki arti digunakan.

Kedatangan rombongan Walikota Cirebon ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa disambut hangat oleh pihak Keraton Kasepuhan dan masyarakat sekitar yang telah menanti kedatangan Walikota kebanggaan mereka untuk shalat berjamaah bersama. Melakukan kegiatan shalat berjamaah bersama menjadi kesempatan yang langka dan sangat ditunggu oleh masyarakat Kota Cirebon mengingat jadwal kegiatan Walikotanya yang padat demi memimpin Kota Cirebon menjadi kota yang lebih baik lagi.

Setelah selesai melakukan shalat Ashar berjama’ah, rombongan Walikota Cirebon melakukan dzikir yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengurus Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan diikuti oleh masyarakat yang hadir di acara tersebut. Setelah itu, kemudian rombongan Walikota Cirebon bersilaturahmi dengan semua masyarakat yang hadir dalam acara tersebut dan tak jarang sesekali Pak Walikota meladeni permintaan masyarakat yang ingin berfoto bersama.

Setelah usai melakukan kegiatan di Masjid Sang Cipta Rasa, rombongan Walikota Cirebon melanjutkan kegiatan selanjutnya untuk melakukan Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati yang berlokasi di Jl. Raya Sunan Gunung Jati, Cirebon. Acara Ziarah ini juga termasuk dalam rangkaian HUT Kota Cirebon yang ke 645 tahun dan dilaksanakan oleh Humas Kota Cirebon.

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah meupakan salah satu dari 9 wali yang lebih dikenal dengan sebutan Walisongo yang menyerbarluaskan Islam di Tanah Jawa. Sunan Gunung Jati merupakan satu-satunya Walisongo yang menyebarkan Islam di Jawa Barat khususnya di Kota Cirebon. Makam Sunan Gunung Jati kerap menjadi tujuan ziarah masyarakat Kota Cirebon dan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Karena itulah setiap pemimpin di Cirebon pasti menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Sunan Gunung Jati untuk berdzikir dan mendo’akan beliau yang telah gigih dan berani berjuang membangun Cirebon dan mewariskannya sampai generasi sekarang ini.

 

Photo by Bhakti Gunawan / Cirebon Media