Cirebonmedia.com- Foto merupakan sebuah media bagi seorang individu atau kelompok untuk mengabadikan suatu momen penting bagi hidupnya atau bahkan hanya sekedar narsis mengingat dunia digital sekarang ini yang kian berkembang pesat dimana gadget dengan kamera berkualitas tinggi sudah banyak beredar di pasaran.

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, kamera dengan isi gulungan plastik atau rol film dan dicetak dalam sebuah ruangan yang gelap seperti yang dulu dicontohkan oleh James Clerk Maxwell pada tahun 1861 sudah berubah menjadi kamera digital yang memudahkan si pengguna untuk mencetak sebuah foto dengan lebih cepat dengan proses yang lebih mudah dengan sentuhan jari.Dan hal itu mempengaruhi dunia Photography saat ini.

Fotografi” berasal dari kata Yunani foto (“cahaya “) dan graphein (“menggambar”) Kata yang pertama kali digunakan oleh ilmuwan Sir John FW Herschel pada tahun 1839. Photography adalah metode merekam gambar dengan aksi cahaya atau radiasi yang terkait pada materi yang sensitif terhadap cahaya.

Dunia Photography mengalami perkembangan yang sangat signifikan dan hal ini terlihat dari 27 % foto yang diambil menggunakan kamera ponsel. Sedangkan 44 % berasal dari compact camera. Perhitungan ini dapat terus berkembang melihat antusias pengguna perangkat mobile berkat kehadiran beragam pilihan aplikasi kamera yang unik seperti Photoshop hingga sosmed seperti Instagram dan lainnya. Dan bahkan kamera anti air pun sudah diciptakan untuk mempermudah para fotografer mengabadikan pemandangan di dalam air.

Jikia dahulu sebuah kamera hanya memiliki sebuah lensa, lain hal nya dengan saat ini, beragam lensa dengan kualitas dan kelebihan tertentu sudah tersedia, untuk menunjang kinerja para pecinta dunia photography. Terlebih lagi di era saat ini, budaya selfie sudah menjamur di masyarakat, selfie merupakan salah satu faktor yang menunjang dunia photography untuk semakin berkembang, hampir seluruh orang di penjuru dunia mulai sadar kamera atau bisa disebut dengan istilah narsis.

Perkembangan lensa,kamera, aplikasi serta budaya inilah yang mendongkrak dunia photography seperti saat ini, dengan sentuhan jari siapa pun dan dimana pun ia bisa menghasilkan sebuah foto dengan kualitas baik yang langsung dapat dilihat hasilnya.

 

 

Image By: Google.com