Cirebonmedia.com- Selasa 22 Desember 2015 bertepan dengan hari Ibu. Korem 063/SGJ menyelanggarakan Syukuran Hari jadi dan memperingati hari juang kartika 2015 bertempat di lapangan Astana syeh Sunan Syarif Hidayatullah Gunung jati Cirebon , Penyelenggaraan Syukuran berlangsung Tertib Dan Hikmat, dengan beragam acara seperti tari topeng cirebon, Marawis, dan pemberian santuan kepada para fakir miskin dan anak yatim piatu.

Diakhir sesi acara dilakukan sebuah perlombaan mendandani muka istri oleh sang suami acara ini berlangsung seru dan heboh para anggota mendandani istri nya dengan jumlah hadiah yang cukup besar yaitu 1.000.000 bagi juara pertama , 750.000 bagi jauara ke dua dan 500.000 bagi jauara ke tiga .

Prabu Arif Natadiningrat KasulSultanan Sunan Gunung jati Memberikan Sambutan dan nasihat Kepada Korem 063 , dahulu Sunan gunung jati memimpin kesultanan Cirebon selama hidup nya tidak pernah melakukan peperangan sekalipun , sunan gunung jati kemudian membangun masjid pertama di komplek sunan gunung jati yaitu masjid pejaglahan dengan arti ombak laut kemudian ,Mesjid Ciptarasa , mesjid kramat megu dan lebih dari 30 masjid lain yang masih terawat dengan baik sampai saat ini , gaya kepemimpinan Sunan gunung jati yang Fleksibel dan tidak memaksakan sesuai dengan apa yang disukai masyarakat pada saat itu , tetapi dengan menyisipkan keislaman didalamnya cara seperti itu ternyata sangatlah ampuh,

Setelah mendirikan kesultanan cirebon Sunan Gunung jati mendirikan Kasultanan Banten, sehingga Ada dua kasultanan di jawa barat. Sultan Maulana hasanudin di banten , dengan strategi Desa mengepung Kota atau strategi capit urang , sunan gunung jati menyelamatkan Sunda kelapa yang saat ini menjadi jaya karta atau jakarta dari jajahan portugis.Sunan Gunung jati berwasiat sebelum akhir hidupnya Kula Titip Tajug lan fakir miskin yang artinya sunan menitipkan masjid dan anak anak yatim.

Dalam sesi acara terdapat tari topeng tradisional kota cirebon dan acara dihadiri oleh Drs Nasrudin ajis walikota cirebon solihin husein ketua mui cirebon dan banyak lagi tamu undangan lainya.

Diharapkan di usia yang ke 66 tahun ini TNI dan Masyarakat dapat menjadi kesatuan yang kuat bekerjasama bahu membahu mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja/ Cirebon Media

42 Total Views 3 Views Today