Kenangan indah tentang sebuah kota bukan hanya terdapat di suasana kota itu sendiri, melainkan juga dari makanan khas kota tersebut. Apa lagi bila disantap di kota makanan tersebut berasal, terdapat sensasi yang tak dapat kita temukan jika disantap di kota lain. Jika Anda berkunjung atau sekedar mampir di Kota Cirebon sempatkanlah untuk mencicipi tahu gejrot, makanan khas Kota Cirebon yang sangat banyak digemari masyarakat dari berbagai daerah dan usia mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Silahkan Anda temukan orang-orang yang pernah mampir atau tinggal di Cirebon tetapi belum pernah mencicipi tahu gejrot? Nyaris semua orang yang pernah tinggal di Kota Cirebon sempat mencicipi makanan ringan yang satu ini, bahkan orang dari luar kota yang belum pernah singgah di kota udang pun pernah mencobanya. Tahu gejrot memang sudah mulai banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang, Depok, Surabaya dan beberapa tempat di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Kios-kios makanan di kota besar tak sedikit yang menyuguhkan makanan khas asal Kota Cirebon ini.

Penyajian tahu gejrot terbilang masih tradisional dengan menggunakan wadah seperti piring kecil yang terbuat dari kerajinan tembikar. Pembuatan dan penyajiannya yang masih tradisional membuat rasa tahu gejrot ini menjadi khas, sehingga bukan hal yang mengagetkan jika penggemar makanan ini sangat banyak ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Mungkin saat ini tak sedikit pedagang tahu gejrot yang sudah beralih menggunakan piring plastik sebagai wadahnya. Pengaruh zaman yang semakin memaksa manusia untuk hidup lebih praktis membuat beberapa pedagang tahu gejrot beralih menggunakan piring plastik, tetapi walaupun begitu tak menyurutkan niat para penggemar tahu gejrot yang ingin menyantapnya.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat tahu gejrot cukup sederhana dan mudah ditemui di pasar tradisional. Bahan utamanya yang pasti adalah tahu, jenis tahu sumedang yang sudah digoreng sebelumnya dan dipotong kecil-kecil. Kemudian bahan untuk pembuatan saus tahu gejrot diantaranya yaitu bawang putih, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, cabai hijau, gula merah, garam , air asam, air, dan kecap manis, dan bawang merah untuk taburan diatasnya.

Di Kota Cirebon sendiri, penjual tahu gejrot sangat mudah ditemui karena makanan ini adalah makanan ringan yang sangat populer. Hampir di setiap sudut Kota Cirebon kita bisa menjumpai pedagang tahu gejrot, baik itu yang berjualan keliling maupun yang berjualan di tempat. Untuk berjualan tahu gejrot keliling terdapat 2 cara, pedagang laki-laki biasanya menggunakan pikulan untuk membawa barang dagangannya sedangkan pedagang pedagang perempuan menggunakan tampah yang diusung di atas kepala.

Sebagai masyarakat Cirebon kita wajib melestarikan makanan asli kota kita sendiri dengan tetap menggemarinya. Selain itu kita jupa perlu mempromosikan makanan ini keluar daerah bahkan keluar negeri. Karena makanan ini mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan bisa menjadi daya tarik wisata bagi Kota Cirebon.

Bagi Anda warga luar Kota Cirebon ataupun warga Kota Cirebon yang seumur hidupnya belum pernah mencicipi tahu gejrot, ayo datang ke Kota Cirebon untuk mencicipi tahu gejrot langsung dari kota asalnya dan dapatkan kenangan indah yang ada di lidah Anda.

 

Photo by Bhakti Gunawan / Cirebon Media