Cirebonmedia.com- Di era digital seperti saat ini, membuat seseorang tidak bisa melepaskan aktivitasnya dari perangkat pintar seperti gadget. Dari sekian banyak pengguna gadget saat ini, kebanyakan aktivitas yang mereka lakukan adalah memainkan Sosial Media mereka seperti Twitter. Memang sosial media seperti twitter banyak menjadi pilihan karena dapat langsung berinteraksi dengan orang-orang populer seperti selebriti.

Twitter adalah sebuah layanan jejaring sosial dan mikroblog yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan tweet. Twitter yang didirikan pada Maret 2006 oleh Jack Dorsey, telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna, 302 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Namun banyak dari pengguna yang mengeluhkan minumnya karakter yang disediakan twitter.

Saat ini pengguna Twitter harus pandai-pandai menyingkat kata pada pesan yang ditulis karena keterbatasan karakter kicauan twitter hanya 140 karakter. Namun pihak Twitter berencana akan menambah jumlah karakter. Twitter diketahui sedang mengerjakan proyek yang mereka sebut “Beyond 140”. Berkat proyek ini, nantinya pengguna social media yang satu ini tidak perlu lagi memangkas kata-kata yang hendak mereka tulis. Pihak Twitter berencana untuk menaikkan limit menjadi 10.000 karakter. Sebenarnya peningkatan limit ini bukanlah baru karena sebelumnya Twitter juga sudah pernah menaikkan limit pada Direct Messages dari 140 menjadi 10.000 karakter.

 

twitter 300X300

Image By: Google.com

Twitter sendiri sebenarnya sudah berkembang dari sebelumnya hanya untuk mengirimkan pesan singkat menjadi alat komunikasi massal menyampaikan berita-berita terkini.Dengan ditambahkannya jumlah limit karakter ini, semakin menegaskan Twitter saat ini tengah berjuang untuk bertahan ditengah semakin banyaknya pesaingan di ranah sosial media maupun aplikasi instant messaging. Identitas Twitter sebagai layanan micro blogging dengan 140 karakter bisa dibilang semakin hilang. Karena dengan menulis 10.000 karakter, Twitter kini tak ada bedanya dengan layanan sosial media lainnya.

 

Kini yang menarik ditunggu adalah respon dari para penikmat Twitter, apakah mereka masih tertarik untuk tetap berkicau di Twitter, atau justru berpaling dan meninggalkan layanan micro blogging tersebut.

62 Total Views 2 Views Today