Cirebonmedia.com- Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi kaum muslim yang sudah baligh. Menjalankan ibadah ini tidaklah mudah, karena disertai beberapa rintangan yang menghadang bagi seorang muslim yang baru pertama kali ingin menjalankan puasa, apalagi untuk anak-anak. Untuk itu ada baiknya jika kita dapat mengajarkan puasa pada anak sejak dini.

Meskipun puasa belum menjadi suatu kewajiban  bagi anak-anak, tetapi tidak ada salahnya jika mulai memperkenalkan ibadah ini pada si kecil sedini mungkin. Banyak sekali hal positif yang akan dipetik jika menerapkan hal tersebut bagi sang buah hati. Seperti melatih kesabaran, berbuat baik kepada sesama, lebih disiplin serta mengajarkan pada mereka bagaimana rasanya kelaparan yang kerap dirasakan oleh saudara muslim lainya.

Keluarga merupakan landasan dasar tempat anak belajar baik dari perilaku maupun bimbingan orangtua. Anak merupakan penerus bagi kehidupan bangsa. Pendidikan akhlak dan karakter anak sebaiknya mulai diterapkan sejak dini oleh orangtua. Seperti hal nya mulai diajarkan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Pelan namun pasti, mulailah melibatkan anak dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan puasa, maka anak akan sedikit demi sedikit mengenal apa itu puasa. Ada pula beberapa tips dan cara mengajarkan anak untuk berpuasa.

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa:

  • Awalilah memperkenalkan si kecil dengan ibadah puasa dengan cara mengajak sahur bareng bersama keluarga, ini bertujuan membiasakan diri agar mereka dapat memahami waktu sahur. Pastikan untuk selalu melakukan sahur agar mendapatkan sumber energi.
  • Cobalah mengajak anak untuk berpuasa selama beberapa jam dulu. Minggu berikutnya, tingkatkan masa waktu berpuasa menjadi setengah hari, yaitu berbuka di siang hari lalu lanjutkan berpuasa kembali hingga bedug magrib tiba. Jika kondisinya masih kuat, di minggu terakhir Anda boleh melatih puasanya sampai magrib.
  • Tumbuhkan semangat pada anak , berikan suatu penghargaan jika ia mampu mencapai suatu keberhasilan dalam menjalankan ibadah puasa. Misalnya ketika si buah hati berhasil menjalankan ibadah puasa sampai waktu magrib tiba, berikan makanan favoritnya, hal tersebut dapat memicu semangat anak untuk melaksanakan ibdah puasa. Atau berikan baju idamannya pada saat lebaran tiba jika anak berhasil melakukan ibadah puasa secara penuh dalam sebulan dan sebagainya. Berikan sesuatu sebagai motivasi tetapi tidak memberatkan orang tua.

 

Dengan melakukan langkah-langkah diatas , semoga dapat membantu para orangtua untuk mengajarkan berpuasa pada sang buah tai mereka.

 

 

Image By: Google.com