Cirebonmedia.com Es goyang, masih ingatkah dengan jajanan masa kecil ini, dengan tekstur lembut yang lumer di mulut. Sepertinya, kata itu memang tepat untuk menggambarkan kelezatan spesial dari es goyang. Es ini merupakan kuliner tradisional khas yang terkenal. Es krim goyang atau yang juga akrab disebut sebagai es goyang ini menjadi peninggalan sejarah berarti yang hingga kini masih terasa kelezatannya.

Di era tahun 90-an, es krim ala Indonesia ini banyak ditemukan Meski demikian Nama unik dari es krim ini berasal dari proses pembuatannya yang dilakukan dengan cara digoyang – goyangkan. Proses pembuatan es krim ala Indonesia ini memang cukup praktis. Es krim ini digoyang – goyangkan dengan maksud agar es cepat membeku.

Bahan yang diperlukan pun cukup mudah. Bahan utamanya terdiri dari santan kelapa, gula pasir, perasa, dan tepung hunkwe. Tepung hunkwe inilah yang memberi rasa khas karena terbuat dari tumbukan kacang hijau.

Selain aneka bahan utama ini, es goyang kini juga mulai banyak memiliki variasi rasa. Para penjualnya terkadang menambahkan rasa buah – buahan segar seperti strobery, durian, alpukat, bahkan juga rasa coklat agar bisa lebih menarik minat pembeli.

es goyang 500X500

Image By: Google.com

Namun, Jajanan yang satu ini sudah sangat sulit ditemukan karena mulai banyaknya jajanan yang lebih modern seperti Ice Cream yang memiliki brand ternama, hal inilah yang kemudian membuat eksistensi dari es ini sedikit demi sedikit mulai terkikis oleh waktu.

Namun jangan khawatir, berikut ada beberapa langkah yang memudahkan  Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan untuk membuat es krim goyang : 50 gram tepung hunkwe  500 ml santan kelapa asli (dari 1 butir kelapa), 70 gram gula pasir, ½ sendok teh garam, 2 lembar daun pandan, 1 sendok teh cokelat bubuk Untuk bahan topping : es batu, coklat cair, kacang

Cara membuat es krim goyang :

Langkah pertama, campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, yakni santan kelapa, gula pasir, garam, daun pandan, dan juga cokelat bubuk.

Bahan – bahan ini dimasak di atas api kecil sambil terus diaduk – aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga adonan ini mendidih.

Setelah masak, Anda bisa mulai menyiapkan cetakan khusus untuk es ini yang bentuknya persegi panjang. Siapkan juga box atau kotak yang diisi dengan pecahan es batu serta garam.

Jika cetakan sudah siap, tuangkan adonan yang sudah masak tadi ke dalam cetakan, lalu masukkan cetakan yang sudah berisi adonan es ini ke dalam box yang berisi pecahan es dan garam tadi.

Kemudian, goyang – goyangkan saja box atau cetakan es ini. Perhatikan juga proses penggoyanannya. Pastikan digoyang dengan tepat, yakni tidak terlalu keras atau pelan. Karena, bila goyangnya terlalu keras, maka hasil es nya akan kurang bagis. Tapi kalau digoyang dengan cara terlalu pelan, maka es akan semakin lama jadi.

Jika sudah hampir jadi, jangan lupa untuk menancapkan juga stik kayu khusus es krim dan tunggu hingga es krim jadi.

45 Total Views 1 Views Today