Cirebonmedia.com– Bekerja merupakan suatu kewajiban yang dilakukan seseorang agar dapat menafkahi keluarga atau memenuhi biaya hidup sehari-hari. Bekerja dalam arti luas dapat diartikan dengan melakukan suatu kegiatan sedangkan dalam arti sempit yaitu melakukan suatu kegiatan untuk menghasilkan sesuatu atau keuntungan untuk tetap bertahan hidup.

Dan kantor merupakan tempat dimana kebanyak orang melakukan aktivitas pekerjaannya dengan durasi waktu kurang lebih 8 jam sehari. Dengan waktu berjam-jam tersebut memaksa pekerja hanya duduk dan menatap layar komputer atau laptop untuk menjalankan tugasnya sebagai karywan, namun, ketika posisi duduk yang salah dapat memicu masalah atau gangguan pada tulang dan otot dan hal ini dapat membuat seseorang mengalami penurunan kinerja saat bekerja.

Salah satu dokter spesialis fisik dan rehabilitasi Ferius Soewito mengatakan duduk berjam-jam dengan posisi yang tidak tepat bisa mengakibatkan pegal di leher, tulang belakang, pergelangan tangan, hingga saraf terjepit dan cedera sendi tangan dan tendon.

Mungkin biasanya kita mengabaikan hal sepele tersebut, akan tetapi dibalik itu ada sesuatu yang mengancam kesehatan jika kita tidak memiliki pengetahuan tentang posisi duduk yang tepat dalam kurun waktu yang lama.

Berikut ada tips untuk menanggulangi rasa pegal, masalah otot dan bahkan tulang saat duduk berlama-lama dimeja kerja.

 

Kursi

Sebaiknya menggunakan kursi yang dilengkapi dengan sandaran punggung dan sandaran tangan dengan alas duduk yang nyaman, tidak terlalu keras. Sandaran tangan dipilih yangdapat menopang siku dan bahu dengan relaks. Siku membentuk sudut antara 90°-120° terhadap lantai.Pilihlah juga kursi yang stabil dan dapat diatur ketinggiannya (height adjustable) dan kursi tersebut dilengkapi dengan roda yang dapat menggelinding dengan baik.

 

Posisi duduk

Posisi Tegap.

Hal ini dapat dicapai dengan meletakkan pantat di bagian belakang alas duduk (bukan di tengah, apalagi di depan alas duduk), kemudian bersandar secukupnya.

Ketinggian dan Posisi Alas Meja.

Ketinggian meja yang baik adalah setinggi siku dan memungkinkan meletakkan tangan di atas meja dengan membentuk sudut siku antara 90°-120° terhadap lantai.

Terdapat perbedaan posisi alas meja antara yang digunakan untuk membaca atau menulisdengan yang digunakan untukmengetik.

Posisi alas meja untuk membaca atau menulis, sebaiknya membentuk sudut antara 15°-30° terhadap lantai agar saat membaca atau menulis,otot leher dan punggung dalam keadaan tetap relaks.

Sementara posisi alas meja untuk mengetik, cukup datar saja.

Sandaran Kaki

Untuk mendapatkan posisi relaks, sering kalimenyebabkan kaki terpaksa harus melayang, tidak menyentuh lantai. Oleh karena itu perlu ditambahkan sandaran kaki yang ketinggiannya disesuaikan dengan posisi kaki pada saat telah mencapai keadaan relaks tersebut.

Posisi Monitor Komputer

Bila bekerja menggunakan komputer, aturlah posisi layar monitor tepat di depan kita, setinggi mata (eye level) dan hindari meletakkannya di suatu tempat yang membuat kepala, leher dan punggung kita harus miring dan berpaling ke kiri atau ke kanan.

Peregangan Otot (Stretching)

Lakukan peregangan otot (stretching) setiap 1 jam anda bekerja, yaitu selama 15 menit. Peregangan otot (stretching) meliputi otot: leher, punggung, bahu, lengan, tangan, tungkai, kaki.

 

 

Sumber: Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi

Image By: Google.com