Cirebonmedia.com– Film merupakan sebuah hiburan yang banyak digemari oleh masyarakat, Acapkali konten dalam sebuah film dapat memberikan inspirasi dan edukasi bagi yang menyaksikannya. Karena itu dan tak jarang setelah seseorang menyaksikan sebuah film, timbul rasa senang dan bahagia dalam dirinya. Itulah mengapa industri ini semakin pesat berkembang dalam tahun ke tahun.

Dunia perfilman di Indonesia pun menampakkan perkembangannya dengan banyaknya komunitas-komunitas pecinta film atau komunitas yang bergerak membuat film pendek di suatu daerah tertentu. Di Cirebon sendiri muncul sebuah komunitas pecinta film yang dikenal dengan “Jeh Film Community” yang kerap sekali berkarya demi memberikan edukasi bagi masyarakat.

Komunitas Jeh Film merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang perfilman yang berada di Cirebon. Berdiri pada tanggal 22 Oktober 2013 sesuai hari pertama berkumpul sekaligus bersatunya para pendiri yang memiliki tujuan sama.

Berawal dari kesadaran berbagai potensi yang dimiliki dari masing-masing pendiri dalam bidang perfilman dan niat untuk menekuni. Akhirnya terbentuklah Komunitas Jeh Film yang anggotanya semakin meningkat. Tujuan berdirinya Komunitas JF adalah mengenalkan budaya Cirebon melalui film kepada masyarakat luas terutama melekatkan kembali budaya yang ada di Cirebon kepada masyarakat Cirebon agar krisis budaya tidak kian mengendap di masyarakat. Selain itu, disadari pula bahwa sumber daya manusia yang ada di Cirebon dapat diberdayakan potensinya terutama di bidang perfilman.

Dengan melihat dunia perfilman di Indonesia yang begitu minim akan nilai edukatif dengan seringkali menggunakan nilai-nilai seksualitas maupun hal-hal yang bersifat mistis sebagai nilai jual untuk “barang dagangan” mereka tanpa memerhatikan dampak negatif dari tontonan tersebut. Dari sinilah yang melatarbelakangi komunitas yang satu ini beridiri, dengan visi ingin meberikan edukasi, komunitas film asal kota udang ini selalu rutin menyelenggarakan nonoton bareng karya film yang telah mereka buat diakhir pekan.

Semoga dengan karya-karya yang mendidik banyak masyarakat yang terinspirasi untuk berkarya dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat positif bagi bangsa ini.