Cirebonmedia.com- Menyumbang darah atau Donor darah adalah suatu proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah bagi orang orang yang membutuhkan.

Donor darah merupaka salah satu kegiatan rutin PMI atau Palang Merah Indonesia, sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.
Dalam hal donor darah ini PMI bekerja sama dengan instansi, universitas dan lembaga lembaga lainnya untuk mengumpulkan dan mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya karena menyumbangkan sebagian darah untuk disalurkan kepada yang membutuhkan menjadi suatu sumbangan berarti dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Pada 16 Desember 2015 lalu, Universitas 17 Agustus 1945 atau UNTAG Cirebon bertempat di aula kampus para mahasiswa dan mahasiswi kampus UNTAG Cirebon bekerja sama dengan PMI mengadakan kegiatan donor darah. Menurut Indah ketua BEM Fakultas Ekonomi kegiatan ini rutin dilakukan tiap 3 bulan sekali, “Kegiatan ini kita rutin tiap 3 bulan sekali, tema kita kali ini adalah sedikit darah kita membuat mereka melihat dunia.

Selain itu kita juga mengadakan sosialisasi mengenai kesehatan”. Kegiatan ini ditujukan kepada mahasiswa dan mahasiswi UNTAG, namun ada juga beberapa masyarakat umum yang mendonorkan darah. Kegiatan ini berhasil menghasilkan lebih dari 40 kantong darah. Selain kegiatan donor darah, juga diadakan kegiatan menyumbang buku. Rencananya buku yang terkumpul ini akan di sumbangkan kepada panti asuhan yang ada di Kota Cirebon. Rencananya akan ada kegiatan penggalangan dana untuk penderita tumor kaki di Cirebon.

Kegiatan sosial seperti ini harus terus dilakukan karena dengan menggelar kegiatan seperti ini, kita dapat membantu orang-orang yang membutuhkan donor darah dan ilmu pengetahuan. Melalui kegiatan seperti inilah masyarakat bisa melakukan suatu hal yang dimana hal tersebut memiliki dampak positif bagi orang lain, karena sebaik-baiknya manusia ialah dia yang mampu bermanfaat bagi sesamanya.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima/ Cirebon Media

27 Total Views 1 Views Today