Cirebonmedia.com – Sebuah kendaraan agar dapat berjalan dengan baik memerlukan perawatan yang berkala. Salah satunya dengan mengganti pelumas seacara rutin. Pelumas adalah salah satu unsur penting yang dibutuhkan kendaraan. Cairan ini berfungsi untuk mengurangi gaya gesek yang terjadi di dalam mesin. Selain itu juga berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan. Umumnya pelumas terdiri dari 90% minyak dasar dan 10% zat tambahan. Salah satu penggunaan pelumas paling utama adalah oli mesin yang dipakai pada mesin pembakaran dalam.

Dalam memilih pelumas yang baik, kita harus teliti. Salah satunya adalah dengan mengetahui tentang kode-kode standarisasi yang ada di produk pelumas. Hal ini diperlukan agar kita bisa mendapatkan manfaat & kegunaan pelumas secara maksimal sesuai denga kebutuhan kendaraan kita. SAE (Society of Automotive Engineers) ini adalah range tingkat kekentalan suatu pelumas. menandakan produk ini range kinerja kekentalan pada keadaan dingin sampai panas.Contoh, AE 10w-40 ini adalah 10 sampai 40.

Ada juga yang hanya menunjukan satu range/grade saja seperti SAE 20.  Yang menggunakan range 2 seperti SAE 20w-50 disebut oli multigrade. Kalo huruf w pada 10w adalah singkatan winter yang menunjukan tingkat kekentalan 10 bahkan pada saat winter. Ada juga produk yang tanpa ada simbol w, Misalnya SAE 20-50. Semakin besar angka SAE berarti semakin kental produk tsb. Seperti SAE 10w-40 lebih encer dari SAE 20w-40.

Memilih oli yang baik untuk kendaraan kita, hal yang harus diperhatikan adalah:

  1. Spesifikasi oli yang disyaratkan oleh pabrikan.( lihat dibuku manual)
  2. Spesifikasi oli yang tertera di kemasan oli.
  3. Pastikan bahwa oli yang kita pilih memenuhi standar minimal yang ditetapkan pabrik.

Cermatlah dalam memilih pelumas untuk kendaraan Anda. Lihat spesifikasi pelumas tersebut apakah sesuai dengan mesin kendaraan yang Anda gunakan. Jika Anda tidak yakin dengan produk pelumas, jangan ragu untuk bertanya kepada ahli mesin atau mekanik di bengkel yang biasa Anda gunakan.